Langsung ke konten utama

Happy Birthday, Malala!


ngintip isi blog Malala


Gadis ini namanya Malala Yousafzai. Baru aja merayakan ulang tahunnya yang ke-16, pada 12 Juli kemarin. Tepat di hari ultahnya, di usianya yang masih belia, dia sudah berpidato di Majelis Umum PBB. Keren ya!

Ini kutipan pidatonya:

"...Ada yang mengatakan pulpen lebih perkasa dari pedang. Itu benar. Para ekstremis lebih takut pada buku dan pena. Kekuatan pendidikan menakutkan mereka. Mereka takut pada perempuan, kekuatan suara perempuan menakutkan mereka....
Itulah kenapa mereka menembak 14 murid  tak bersalah belum lama ini di Quetta. Itu kenapa mereka membunuh guru dan pekerja polio perempuan di Khyber Pakhtunkhwa. Itu kenapa mereka meledakkan sekolah setiap hari." 

Kamu bisa intip isi lengkap pidatonya di sini.

Malala sebenernya gadis biasa-biasa saja yang tinggal di Pakistan. Seperti perempuan-perempuan Pakistan lainnya, dia juga mengalami yang namanya dilarang sekolah. Malala sempat sekolah dari umur lima tahun sampai sembilan tahun. Terus berhenti. Haram katanya. Yah memang begitu kultur di Pakistan, negara yang dikuasai Taliban itu.

Nah, nasib Malala berubah ketika mengalami suatu kejadian yang nyaris membuat nyawanya melayang. Kejadiannya setahun yang lalu. Dia memberanikan diri melanjutkan sekolah. Nggak cuma itu, dia juga berani bicara pada media massa pentingnya anak-anak terutama perempuan untuk boleh sekolah. Hari naas itu, 9 Oktober 2012, Malala pun ditembak Taliban hingga dia mengalami koma. Cuma gara-gara dia berjuang pengen sekolah.


Malala bener-bener menghadapi yang namanya di antara kehidupan dan kematian. Lantaran peristiwa penembakan ini, seluruh mata dunia tertuju pada Malala. Semua pengen kenal Malala. Kiprah gadis mungil yang baru belasan tahun usianya. Bayangin, seluruh dunia mendoakan supaya Malala tetap hidup! Dan memang benar, Malala bangkit dari koma, lalu sembuh. Dia melanjutkan perjuangannya.

Sekarang, dia menjadi sorotan dunia, dan memperjuangkan pendidikan nggak cuma untuk negaranya, Pakistan. Tapi juga buat negara-negara lainnya. Luar biasa ya! Pengen tahu lebih banyak soal Malala? Klik di sini.

Don't you think that she is cool? :)

                                          Courtesy of Youtube.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jumat Agung. Suatu Ketika.

Jumat Agung. Hari yang gersang seketika mendung, dan dalam beberapa menit awan gelap yang menggantung di langit berubah menjadi butiran-butiran air yang terjun dengan kencangnya menghunjam bumi. Kedengaran seperti rentetan peluru. Jam pada ponselku menunjukkan pukul 13.30. Hujan tak berhenti hingga pukul 15.00. Aku membayangkan Golgota. Aku membayangkan Dia yang tergantung di salib.

"Allahku, ya Allahku, mengapa engkau meninggalkan aku?"



Kenapa Disebut Jatuh Cinta?

Karena ketika kamu mencintai seseorang, kamu siap jatuh dan terluka.

Karena kamu mesti menjatuhkan ego dan kesombonganmu untuk mempertahankan cinta.

Karena kamu memilih, kemana kamu menjatuhkan pilihan hatimu. Ya, cinta itu memilih.

Karena ada seseorang yang menjatuhkan diri, berdarah dan terluka, demi melihat kehidupan kita berubah.

Karena ketika kamu terjatuh, ada tangan yang menopangmu dengan penuh cinta.

Karena Ia menjatuhkan pilihanNya padamu. Meski kamu tak setia. Ia tetap setia.

Karena ia tidak menuntutmu untuk menjatuhkan harga diri kamu sebagai perempuan, tapi menjaga dan mencintaimu apa adanya.

Karena ia menjatuhkan pilihan padamu, dan kamu menjatuhkan pilihan padanya.

Karena kamu bertanggung jawab atas pilihanmu, mencintai seseorang ada konsekuensinya. Pilihlah dengan benar.

Karena cinta itu tidak buta. Ada konsekuensi jatuh dan terluka. Tak ada orang yang sempurna.

Karena cinta bisa membuatmu merana, tapi kamu bisa meminimalisir dengan terlebih dulu menentukan standarmu.

Karena kamu …