Langsung ke konten utama

Happy Birthday, Malala!


ngintip isi blog Malala


Gadis ini namanya Malala Yousafzai. Baru aja merayakan ulang tahunnya yang ke-16, pada 12 Juli kemarin. Tepat di hari ultahnya, di usianya yang masih belia, dia sudah berpidato di Majelis Umum PBB. Keren ya!

Ini kutipan pidatonya:

"...Ada yang mengatakan pulpen lebih perkasa dari pedang. Itu benar. Para ekstremis lebih takut pada buku dan pena. Kekuatan pendidikan menakutkan mereka. Mereka takut pada perempuan, kekuatan suara perempuan menakutkan mereka....
Itulah kenapa mereka menembak 14 murid  tak bersalah belum lama ini di Quetta. Itu kenapa mereka membunuh guru dan pekerja polio perempuan di Khyber Pakhtunkhwa. Itu kenapa mereka meledakkan sekolah setiap hari." 

Kamu bisa intip isi lengkap pidatonya di sini.

Malala sebenernya gadis biasa-biasa saja yang tinggal di Pakistan. Seperti perempuan-perempuan Pakistan lainnya, dia juga mengalami yang namanya dilarang sekolah. Malala sempat sekolah dari umur lima tahun sampai sembilan tahun. Terus berhenti. Haram katanya. Yah memang begitu kultur di Pakistan, negara yang dikuasai Taliban itu.

Nah, nasib Malala berubah ketika mengalami suatu kejadian yang nyaris membuat nyawanya melayang. Kejadiannya setahun yang lalu. Dia memberanikan diri melanjutkan sekolah. Nggak cuma itu, dia juga berani bicara pada media massa pentingnya anak-anak terutama perempuan untuk boleh sekolah. Hari naas itu, 9 Oktober 2012, Malala pun ditembak Taliban hingga dia mengalami koma. Cuma gara-gara dia berjuang pengen sekolah.


Malala bener-bener menghadapi yang namanya di antara kehidupan dan kematian. Lantaran peristiwa penembakan ini, seluruh mata dunia tertuju pada Malala. Semua pengen kenal Malala. Kiprah gadis mungil yang baru belasan tahun usianya. Bayangin, seluruh dunia mendoakan supaya Malala tetap hidup! Dan memang benar, Malala bangkit dari koma, lalu sembuh. Dia melanjutkan perjuangannya.

Sekarang, dia menjadi sorotan dunia, dan memperjuangkan pendidikan nggak cuma untuk negaranya, Pakistan. Tapi juga buat negara-negara lainnya. Luar biasa ya! Pengen tahu lebih banyak soal Malala? Klik di sini.

Don't you think that she is cool? :)

                                          Courtesy of Youtube.

Postingan populer dari blog ini

7 Hal Agar Hubungan Cintamu Nggak Serumit Meteor Garden

"Kalau minta maaf berguna, buat apa ada polisi?"

Masih ingat kutipan ini nggak? Ini ucapan Daoming Si, tokoh utama F4 dalam drama seri Meteor Garden yang legendary. Demam F4 melanda dunia sejak drama Meteor Garden versi remake 2018 tayang. Kali ini aktor ganteng Dylan Wang yang memerankan Daoming Si, ketua F4 dan Shen Yue jadi Dong Shancai. Darren Chen jadi Hua Ze Lei yang kalem-kalem menggemaskan, Connor Leong (Mei Zuo), and Caesar Wu (Xi Men).


Wisata 1 Hari di Jogja: Tempat Selfie Paling Asyik (+Itinerary)

Pernahkah kamu hanya memiliki satu hari waktu untuk bersantai di sebuah kota? Saya mencoba membuat itinerary bila hanya punya waktu satu hari di Jogja. Itinerary ini dibuat berdasarkan pengalaman saya. Jadi, saya sudah memperkirakan jarak dan waktu sehingga perjalanan ini memungkinkan untuk dilakukan.
Oke, here we go...

Traveling ke Purbalingga: Singgah di Masjid Cheng Hoo

Arsitektur Masjid Cheng Hoo yang terletak di pinggir jalan itu pasti langsung mencuri perhatian orang yang melewati jalan raya desa Selaganggeng, Mrebet, Purbalingga. Sekilas mirip kelenteng. Warna bangunannya dominan putih dan merah. Dari jauh pun saya bisa melihat bagian atapnya yang berbentuk pagoda.